LPPM UMPRI GELAR SOSIALISASI PROPOSAL PENELITIAN & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2023

Blog Details

LPPM UMPRI GELAR SOSIALISASI PROPOSAL PENELITIAN & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2023
UMPRI. Tetap semangat dan penuh ghiroh di bulan Syakban Universitas Muhammadiyah Pringsewu tetap berupaya meningkatkan kualitasnya, salahsatunya dengan mengadakan Sosialisasi Proposal Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Universitas Muhammadiyah Pringsewu dengan narasumber Binti Anisatul Khasanah, M.Pd., Ns. Janu Purwono, S.Kep., M.Kep., dan Iwan Tri Bowo, S.Kom., M.T.I. (Senin,13/3/2023).
Rektor UMPRI Drs. H. Wanawir Am, M.M., M.Pd. yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut menuturkan bahwa meningkatan kluster penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menghasilkan kualifikasi akademik yang baik, meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian sosial dan profesional. Pengembangan keprofesionalan dosen, sangat terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai kewajiban dosen untuk memenuhi tri dharma perguruan tinggi, Serta harus terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Univeritas Muhammadiyah Pringsewu sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. Harapan besar acara ini berjalan dengan baik dan menghasilkan output yang optimal yang mampu mengembangkan UMPRI kedepan. Tuturnya.
Dalam arahannya di acara pembukaan sosialisasi, berharap sosialisasi ini memberikan wawasan bagi seluruh peserta serta menjadi kewajiban untuk melakukan penelitian. Mudah-mudah di kegiatan hari ini bapak-ibu dapat ilmunya dan bermanfaat bagi bapak-ibu sekalian dalam melakukan penelitian. Sebagai seorang dosen, tidak hanya menjalankan tugas mengajar, tapi juga melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai Catur Dharma tanpa melakukan penelitian sama artinya seperti sayur tanpa garam,” tegasnya
Hadir pula dalam acara ini sebagai Nara Sumber Kepala LPPM Universitas Muhammadiyah Pringsewu Dr. Sofwan Adi Putra, M.Pd., Kons. Dalam arahannya tentang regulasi di dalam pelaksanaan Hibah penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut harus di ikuti dengan baik dan serius. Ia juga menjelaskan mengenai kategori dan skema penelitian akademi dan vokasi. Kewenangan pengusulan dilaksanakan berdasarkan pada klaster perguruan tinggi, dibagi menjadi skema penelitian dasar, skema penelitian binaan, skema penelitian pascasarjana dan skema kajian kebijakan strategis.
Sedangkan kewenangan pengusulan dan pengelolaan penelitian, didasarkan pada status klaster perguruan tinggi vokasi menjadi skema penelitian dasar, skema penelitian terapan dan skema peneltian pengembangan. Menurutnya, dengan mengikuti sosialisasi ini, dosen dapat membentuk kelompok dan menentukan tema yang diambil untuk dijadikan penelitian. Ujarnya.
“Dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dosen dapat melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Para dosen dapat membentuk kelompok-kelompok penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menjelaskan skema proposal sesuai dengan Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan Tinggi 2023, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Sofwan.
Tujuan diselenggarakan kegiatan ini, menurut Sofwan, terkait mengenai inovasi program dan strategi penulisan proposal. Ia menambahkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini juga memiliki beberapa tujuan.
“Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini memiliki beberapa tujuan seperti program pengabdian masyarakat sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi, mengembangkan model pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kondisi setempat, meningkatkan kapasitas pengabdian kepada masyarakat serta melakukan alih teknologi,” pungkas Sofwan. (Umpri Center).

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar