• icon(0729) 7081112
  • iconinfo@umpri.ac.id
  • iconJln. KH. Ahmad Dahlan No. 112 Pringsewu

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59: "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju" di Kampus Biru Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Blog Details

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59: "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju" di Kampus Biru Universitas Muhammadiyah Pringsewu
UMPRINEWS. Kampus Biru Universitas Muhammadiyah Pringsewu menjadi saksi peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Kabupaten Pringsewu yang bertajuk "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju". Acara berlangsung di Gedung Graha Ahmad Dahlan pada tanggal 21 November 2023, dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk Lomba Fun Game yang diikuti peserta dari instansi kesehatan, seperti Rumah Sakit (RS), Fasilitas Kesehatan (Faskes), Lembaga Pendidikan Kesehatan, dan Organisasi Profesi.Selasa (21/11/2023).
Hasan Basri,SE, MM, Sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Pringsewu yang mewakili Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, S.E., M.M, membuka secara resmi Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang bertajuk "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju"
“Sambutan dibuka oleh Penjabat Bupati Pringsewu yang dibacakan oleh Hasan Basri, S.E,M.M, menyambut baik kegiatan ini sebagai langkah positif untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Pringsewu. Dalam sambutannya, beliau menekankan semangat kolaborasi dan kerja sama dalam mencapai tujuan kesehatan yang lebih baik. Tuturnya.
“"Saat ini Indonesia mengalami periode bonus demografi, sebuah momentum langka dalam sejarah bangsa kita. Untuk itu, kita harus memanfaatkannya dengan baik agar Indonesia bisa melewati middle income trap dan mencapai Indonesia emas 2045," ujar Penjabat Bupati Pringsewu.
“ Dalam konteks tema HKN ke-59, yaitu "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju", penjabat bupati menyampaikan enam pilar transformasi yang diharapkan dapat mengubah landscape kesehatan nasional menjadi lebih baik. Pilar-pilar tersebut melibatkan perubahan signifikan dalam layanan kesehatan primer, layanan rujukan, ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, sumber daya manusia kesehatan, dan teknologi kesehatan. Pungkasnya.
“ Beliau juga menyoroti pentingnya transformasi budaya kerja dalam sektor kesehatan, menekankan bahwa perubahan yang diinginkan tidak hanya bersifat teknis, tetapi juga melibatkan perubahan dalam sikap dan budaya kerja para tenaga kesehatan.
“"Transformasi Kesehatan tidak dapat terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan. Oleh karena itu, kita harapkan semua tenaga kesehatan, pegawai, dan pejabat pemerintah bekerja dengan kompeten, jujur, selaras, dan berintegritas dalam mengawal dan menyukseskan transformasi kesehatan yang lebih maju," tambahnya.
“ Peringatan HKN ke-59 di Kabupaten Pringsewu bukan hanya sebagai perayaan semata, tetapi juga sebagai langkah awal untuk membudayakan pola hidup sehat di kalangan masyarakat. Diharapkan, upaya ini akan menjadi landasan bagi pembangunan kesehatan yang lebih baik, baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat luas.
“ Ns. Arena Lestari, M.Kep, Sp,Kep.J, Ph.D. Rektor Universitas Muhammadiyah Pringsewu, mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah turut serta dalam menyelenggarakan acara ini, termasuk panitia penyelenggara, para Direktur RS, Kepala Puskes dan Pimpinan Profesi dan Organisasi, dan tentu saja kepada Bapak/Ibu Penjabat Bupati Pringsewu yang telah memberikan sambutan yang luar biasa. Ucap Rektor.
“ Peringatan Hari Kesehatan Nasional bukan sekadar momen perayaan, tetapi juga panggilan untuk refleksi dan aksi nyata. Tema "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju" menggambarkan tekad kita bersama untuk mengubah paradigma kesehatan menjadi lebih baik, lebih inklusif, dan lebih progresif. Universitas Muhammadiyah Pringsewu sangat berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya transformasi ini, terutama dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan.
“ Dalam menghadapi era bonus demografi dan berbagai tantangan kesehatan global, universitas kami berupaya menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki keahlian klinis yang tinggi, tetapi juga pemahaman yang mendalam tentang transformasi kesehatan yang sedang terjadi. Melalui pendekatan interdisipliner dan integratif, kami berusaha menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan. Tutupnya.
“ Hari ini, acara fun game menjadi salah satu wujud keceriaan dalam menyambut HKN ke-59. Kami percaya bahwa semangat kebersamaan dan kegembiraan dalam kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi kita semua untuk terus berkontribusi dalam upaya mencapai kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat Indonesia. (UMPRI CENTRE).

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar