• icon(0729) 7081112
  • iconinfo@umpri.ac.id
  • iconJln. KH. Ahmad Dahlan No. 112 Pringsewu

PGSD FKIP UMPRI GELAR SENI TARI 2023

Blog Details

PGSD FKIP UMPRI GELAR SENI TARI 2023
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) mengadakan kegiatan Pagelaran Seni Tari yang diprakasai oleh Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Pagelaran Seni ini dilangsungkan pada hari Selasa tanggal 24 Januari tahun 2023, bertempat di Aula FKIP UMPRI dengan mengusung tema "Menciptakan Semarak Budaya Tari Nusantara Melalui Seni Karya Anak Bangsa".
Rizki Amanda (Ketua Pelaksana), dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pagelaran seni tari ini merupakan luaran dari mata kuliah Pendidikan Seni Tari di semester 5 yang menampilkan 27 kelompok dari 3 kelas. Kegiatan ini menghadirkan 27 jenis tari hasil karya mahasiswa dengan jumlah peserta sebanyak 137 mahasiswa.
Pagelaran Seni Tari ini mengambil tema “Menciptakan Semarak Budaya Tari Nusantara Melalui Karya Seni Anak Bangsa.” Alasan dari pemilihan tema tersebut adalah karena kreativitas mahasiswa PGSD dalam menciptakan karya yang berasal dari gagasan ideologi. Tujuannya adalah untuk menggali potensi diri, bakat dan minat mahasiswa PGSD dalam melihat sebuah fenomena yang dapat dijadikan sebuah inspirasi dalam membuat ide gagasan baru yang dituangkan ke dalam bentuk seni tari baik yang berangkat dari kehidupan sehari-hari, fenomena sosial, dan budaya agar mahasiswa lebih mengenal nilai-nilai yang terkandung di dalam gagasan ideologi tersebut.
"Rahma Faelasofi, S.Si., M.Sc., Dekan FKIP dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Kegiatan Pagelaran Seni Tari ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Prodi PGSD UMPRI yang merupakan luaran dari Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari yang diampu oleh Ibu Endang Wahyuni, M.Sn. Harapannya kegiatan ini dapat ditindak lanjuti (follow up) agar tidak hanya berhenti sebagai sarana mengambil nilai mata kuliah saja tetapi dapat dikembangkan oleh mahasiswa juga.”
Yunni Arnidha, M.Pd, selaku Kaprodi PGSD menyampaikan rasa bangga melihat kreasi mahasiswa PGSD dalam menciptakan berbagai macam tarian dengan sangat baik. Harapannya tarian ini dapat menjadi media pendidikan bagi mahasiswa khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Hasil kreasi mahasiswa bukan hanya ditampilkan di kampus saja tetapi bisa juga ditampilkan di luar kampus sebagai media hiburan sehingga masyarakat bisa melihat dan menikmati hasil karya mahasiwa PGSD UMPRI. Kegiatan ini dapat menjadi pengalaman belajar bagi mahasiswa ketika mereka menjadi seorang pendidik di sekolah dasar.
Endang Wahyuni, M.Sn. selaku dosen pengampu Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari menyampaikan bahwa tari-tari yang ditampilkan merupakan hasil dari ciptaan dan kreativitas mahasiswa PGSD. Tarian yang ditampilkan berlandaskan pada gagasan ideologi baik itu dari fenomena sosial, budaya dan kehidupan masyarakat yang terjadi saat ini.
Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKIP UMPRI, Wakil Dekan FKIP UMPRI, Bagian Kemahasiswaan UMPRI, Ketua Program Studi PGSD beserta Bapak/Ibu Dosen PGSD, Bapak/Ibu Ka.Prodi dan Sek.Prodi di lingkungan FKIP UMPRI, Organisasi Mahasiswa UMPRI, tamu undangan dari SD yang bermitra dengan program studi PGSD UMPRI, serta Siswa/i SMA di Kabupaten Pringsewu. Adapun nama-nama tarian yang ditampilkan dalam kegiatan Pagelaran Seni Tari ini adalah Tari Ceghita Sumorkh Puteri, Tari Bocah Dolanan, Tari Mutegh Kawe, Tari Malin Kundang, Tari Puteri Menganyam, Tari Ngumbai Lawok, Tari Mutik Kupi, Tari Pasagh Jejama, Tari Urip Tentrem, Tari Barudak Neangan Belut, Tari Panen Padi, Tari Budak Pandemi, Tari Demo, Tari Pesatik, Tari Pedagang Sayur, Tari Redi Semeru, Tari Mitra Pantaran, Tari Elegi Dunia Permainan Anak, Tari Anjak Tapi, Tari Sangkuriang, Tari Telu Candi Khatu, Tari Sanak Sapu, Tari Wanita Peperangan, Tari Menuai Padi, Tari Perkoro Udet, Tari Ngunduh Kopi, Tari Swara Papandayan. tegasnya. (UC).

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar