• icon(0729) 7081112
  • iconinfo@umpri.ac.id
  • iconJln. KH. Ahmad Dahlan No. 112 Pringsewu

UMPRI GELAR PEMBEKALAN KKN 2022

Blog Details

"UMPRI GELAR PEMBEKALAN KKN 2022"
UUMPRI melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mengadakan kegiatan Pembekalan KKN UMPRI 2022. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Kamis, 18 dan 19 Agustus 2022 bertempat di Gedung Graha KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Pringsewu yang di ikuti oleh 335 Mahasiswa dari berbagai Fakultas yakni FKIP, FEB dan FS. Kegiatan ini juga di hadiri oleh Rektor UMPRI Drs. H. Wanawir Am, M.M., M.Pd., Wakil Rektor 1 Dr. Tri Yuni Hendrowati, M,Pd., Wakil Rektor 3 Fatoni, S.E., M.M. dan Kepala LPPM Prof. Dr. H. Juhri Am, M.Pd. Pungkas Rimanto.
“Ketua Panitia KKN UMPRI 2022, Dr. Sofwan Adi Putra, M.Pd. Kosn. Menuturkan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu aktivitas studi yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Syariah di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. KKN merupakan salah satu bentuk komitmen Institusi dalam pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi, terutama pengabdian kepada masyarakat. KKN UMPRI 2022 mengusung tema"Kolaborasi dalam Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Guna Terwujudnya Potensi mahasiswa Yang Optimal.” Dengan tujuan KKN adalah Memberikan pendidikan pelengkap kepada mahasiswa; dan Membantu masyarakat melancarkan pembangunan di lokasinya masing-masing. Secara eksplisit, banyak tujuan-tujuan yang harus dicapai bersama melalui program KKN. Tuturnya.
Drs. H. Wanawir, AM. M.M. M.Pd. Rektor UMPRI dalam sambutannya Pembekala KKN UMPRI 2022 menegaskan bahwa KKN merupakan suatu bentuk kegiatan yang memadukan Dharma Pendidikan dan Pengajaran; Dharma Penelitian; dan Dharma Pengabdian Kepada Masyarakat sekaligus dalam satu kegiatan nilai-nilai keagamaan KeIslaman dan Kemuhammadiyahan (Catur Dharma). Sebagai bentuk kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, KKN merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi Strata Satu (S1). Hal ini berarti bahwa kuliah kerja Nyata sebagai program tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari tujuan dan isi pendidikan tinggi lainnya; berfungsi sebagai pengikat dan perangkum semua isi kurikulum dan bahkan penambahan atau pelengkap isi kurikulum yang telah ada; merupakan pengalaman belajar yang menghubungkan konsep-konsep akademis dengan realita kehidupan dalam masyarakat; pengetahuan teori mahasiswa dapat diperkaya melalui pengalaman praktis di lapangan; akhirnya akan mematangkan kepribadian mahasiswa, menumbuhkan rasa percaya diri sebagai calon pemimpin yang handal bagi pembangunan bangsa. kegiatan pembekalan juga memberikan pesan kepada mahasiwa bahwa semua mahasiswa yang dilepas ke 35 pekon di kabupaten pringsewu dapat menjadi sebuah catatan baik bagi masyarakat di pekon yang akan menjadi tempat KKN nanti. Tidak hanya sekedar datang ke pekon mengisi absen, tapi juga memberi manfaat di pekon-pekon tersebut. Beliau juga berharap semoga kegiatan yang dimulai hari ini diberi kemudahan oleh Allah SWT. Tegasnya.
Sofwan juga menyampaikan bahawa kegiatan yang di adakan dengan persiapan tempat disusun sedemikian rupa dengan harapan seluruh rangkaian kegiatan Pembekalan KKN UMPRI 2022 dapat berjalan lancar dan aman sesuai dengan harapan bersama. terang dia. (UMPRI CENTRE).

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar