• icon(0729) 7081112
  • iconinfo@umpri.ac.id
  • iconJln. KH. Ahmad Dahlan No. 112 Pringsewu

UMPRI Jalin Kerjasama dengan Kominfo RI

Blog Details

UMPRI Jalin Kerjasama dengan Kominfo RI
UMPRINEWS. Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung mejalin kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Senin, 15 Januari 2024.
Acara penandatanganan kerjasama di hadiri Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Pringsewu Ns. Gunawan Irianto, M.Kep., Sp.Kep.Kom., Ph.D. Pj. Bupati Pringsewu bapak Adi Erlansyah, Rektor UAP Ns. Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep., MAN. Staf Khusus Menteri Kominfo bapak Sugiharto, Slamet Santoso, Dr. Zulkifli, .S.T., M.Kom., Indriyanto Banyumurti, Upi Asmaradhana.
“Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan dalam sambutannya,Tantangan di ruang digital semakin besar, sangat besar. Konten-konten negatif terus bermunculan. Kejahatan di ruang digital terus meningkat. Hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Tegasnya.
“Kewajiban kita bersama untuk terus meminimalkan konten negatif, membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif. Banjiri terus, isi terus dengan konten-konten positif. Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik, yang menyejukkan, yang menyerukan perdamaian. Ucapnya.
“ Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas. Perbanyak UMKM onboarding ke platform e-commerce, sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat. Ia berpesan setelah mengikuti Seminar atau sosialisasi, hendaknya dilaksanakan secara konsisten oleh semua pihak terkait. Sekaligus berharap dengan implementasi media digital yang tepat dan konsisten, Pemkab Pringsewu akan semakin siap dan mantap dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Tutup Bupati.
“Staf Khusus Menteri Kominfo bapak Sugiharto menuturkan Literasi digital adalah kerja besar. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital. Saya memberikan apresiasi kepada 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam Program Literasi Digital Nasional ini.
Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain, melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif. Pungkasnya.
“ Beliau berharap Dalam perkembangan literasi digital masyarakat saat ini sudah mencapai 3,54 dari skala 1-5 pada tahun 2023 dan terdapat kenaikan 0,05 point dari tahun 2022. Berdasarkan hal tersebut diperlukan upaya-upaya baru yang lebih efektif dalam mendorong peningkatan dan pemerataan kecakapan literasi digital masyarakat Indonesia. Literasi Digital berguna untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan kecakapan penggunaan internet serta mengenalkan bagaimana menggunakan internet secara cerdas, kreatif dan produktif. Salah satu upaya dalam rangka mewujudkan masyarakat cakap digital dan semakin berkurangnya kesenjangan digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai program yaitu Pandu Digital dan Gerakan Literasi Digital di bidang pendidikan dengan ruang lingkup Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jelasnya.(UMPRI CENTRE).

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar